Polres lnhu Gelar Rapat Kordinasi Kesiapan Penanggulangan Karlahut

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM, RENGAT – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten lndragiri Hulu (lnhu) menggelar rapat koordinasi kesiapan penanggulangan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) tahun 2020 di wilayah Kabupaten lnhu, Kamis (30/1/2020).

Rakor ini dilaksanakan sekira pukul. 09.45 WlB di Ruang Adhi Pradana Polres Inhu, Jalan Ahmad Yani Rengat, dibuka oleh Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kabag Ops Polres Inhu Kompol Ahmad Salmi, Ka BPBD Inhu Ergusfian, Perwakilan dari Manggala Agni, Perwakilan MPA (Masyarakat Peduli Api) masing – masing Kecamatan se Kabupaten Inhu, Kasat Intelkam Polres Inhu AKP M. Ari Surya, S SH, Kasat Binmas Polres Inhu AKP Buha Siahaan, Para Kapolsek serta para peserta undangan yang hadir.

Kapolres Inhu dalam kesempatan ini mengajak agar semua Pihak menjaga wilayah Kabupaten Inhu dari ancaman Karhutla.

“Ancaman Karhutla harus diwaspadai mulai dari titik api yang kecil agar tidak membesar dan meluas,” katanya.

Dalam kesempatan itu Kapolres menyampaikan penjelasan tentang aplikasi lancang kuning dalam upaya penanganan Karhutla serta pelaporan anggota Polri pada aplikasi lancang kuning.

Sementara Kabag Ops menyampaikan
Penjelasan tentang arahan Kapolri pada Comanderwish tanggal 7 Nov 2019 yang lalu, Dasar Hukum Polri dalam penanganan Karhutla serta Implementasi Kegiatan Polri dalam penanganan karhutla berupa Giat Preemtif, Preventiv, Represif.

Kabag Ops juga menyampaikan tahapan dalam Penanganan Bencana Karhutla, permasalahan dalam penanganan Karhutla, langkah – langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana Karhutla Tahun 2020 serta strategi penanganan Karhutla.

Dijelaskannya juga siklus dalam lenanganan Karhutla, mapping Hot Spot Tahun 2019, mapping daerah rawan Karhutla Tahun 2019, pemberdayaan potensi masyarakat. (Man)

  • Bagikan