Pelalawan Belum Miliki Perpustakaan Representatif,Pembangunan Pustaka Daerah Modern Butuh Dukungan Dewan

  • Bagikan
Pelalawan,Riaudetil.com – Hingga kini Kabupaten Pelalawan belum memiliki pustaka daerah yang representatif. Pasalnya pustaka daerah yang berada disamping Kampus AKN Pelalawan milik Kabupaten Pelalawan dinilai jauh dari layak. 
Namun, Pemkab Pelalawan berwacana akan membangun Perpustakaan daerah dengan konsep Modern bersandar Nasional  pada tahun 2018 mendatang ‎yang direncananya akan didirikan berlokasi di bekas gedung gerai makan di Jalan Lintas Timur Kecamatan Pangkalan Kerinci.
” Ya Pemkab Pelalawan akan mendirikan Perpustakaan daerah Modern 3 lantai yang bakal menelan biaya hingga Rp. 9 Miliar berlokasi di bekas gedung gerai makan di Jalan Lintas Timur.kita sudah koordinasi dengan Bappeda hingga kini tidak ada masalah begitu juga dengan Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan. Kita berharap rencana ini benar – benar terwujud dan bukan sekedar wacana,” papar MD.Rizal Abbas,S.Pd.M.Pd Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan  Kabupaten Pelalawan dalam sambutannya pada acara peluncuran buku Cahaya dari Pelalawan penulis H.Abdullah,S.Pd yang merupakan anggota DPRD Pelalawan,Senin (16/10/2017).
Oleh karenanya, sambung MD.Rizal dirinya berharap agar wacana pembangunan pustaka daerah modern Kabupaten Pelawan mendapat dukungan penuh dari sluruh anggota DPRD Pelalawan.
” Kita tentu butuh dukungan Dewan agar mengawal pembangunan pustaka modern ini yang akaan dibangun melalui anggaran APBD 2018. ‎Diharapkan pustaka daerah modern ini mampu mengundang minat baca masyarakat khususnya para pelajar SD, SMP, SMA ,mahasiswa dan pengajar yang sampai saat ini masih terbilang sangat minim. Pustaka daerah modern ini juga pastinya akan menjadi ikon kebanggaan masyarakat Kabupaten Pelalawan,” ungkapnya.
Ditambahkannya,perpustakaan daerah modern dengan akreditasi A nantinya  direncanakan tidak hanya melayani pembaca secara manual.Pengunjung bisa datang dan memiliki buku-buku yang diminati untuk dipinjam atau dibaca. Namun ada buku digital yang disediakan oleh pengelola perpustakaan. Para pembaca bisa memilih buku secara online melalui gadget atau telepon pintar lainnya.
“Kita berharap Pustaka daerah modern Kabupaten Pelalawan ini akan menunjukkan eksistensinya dalam menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi masyarakat terkhusus anak didik yang sangat besar manfaatnya. Dengan dibangunnya perpustakaan daerah yang representatif, diharapkan akan menunjang peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia ,” tutupnya.‎
Terkait hal ini, H.Abdullah,S.Pd salah satu DPRD Pelalawan kepada Riaudetil.com menyampaikan bahwa DPRD Pelalawan akan memperjuangkan pembangunan perpustakaan daerah modern Kabupaten Pelalawan dari APBD Pelalawan Tahun 2018.
” ‎Semangat membaca akan meningkat, SDM akan semakin berkualitas, anak anak muda disibukkan oleh kegiatan positif sebab di pustaka daerah bisa disiapkan sarana dan prasarana kreativitas‎.Kita akaan perjuangkan dan dukung penuh,” terangnya. 
‎(Zoelgomes)

 

  • Bagikan