Tingkat Kunjungan Guru Ke Pustaka Daerah Pelalawan Rendah

  • Bagikan
Pelalawan,riaudetil.com – Informasi mengejutkan datang dari Dinas Arsip dan perpustakaan Kabupaten Pelalawan,dimana tingkat kunjungan guru ke Pustaka Daerah  rendah. Padahal koleksi buku di pustaka daerah Pelalawan yang berada di Jalan Lintas Timur Pangkalan Kerinci tergolong lengkap. 
 
Pernyataan ini disampaikan langsung MD.Rizal Abbas,S.Pd.M.Pd kepada Riaudetil.com,baru – baru ini. Menurutnya, dari hasil cross cek buku tamu atau kunjungan ke pustaka daerah,tingkat kunjungan para guru sangat rendah. Bahkan dalam waktu beberpa bulan,tidak ada sama sekali kunjungan guru ke pustaka. 
 
” Sayakan mantan Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan.Saya sangat hafal guru – guru didaerah ini.‎Semenjak Saya menjabat sebagai Kepala Dinas arsip dan perpustakaan,emang tingkat kunjungan guru tergolong rendah.tentu situasi ini sangat mengkhawatirkan.Saya berbicara seperti ini bukan atas dasar tapi nyata adanya,” paparnya. 
 
MD.Rizal berharap agar para guru untuk dapat menambah wawa‎san,ilmu pengetahuan ddipustaka daerah.Jika berharap dengan pustaka disekolah saja tentu akan sangat terbatas. 
” sabagai guru tentu harus banyak referensi dan literasi melalui buku – buku bacaan.Tidak bisa juga mengandalkan melalui smartphone.buku adalah jendela ilmu.Buku – buku dipustaka daerah Kita tergolong lengkap yang bisa dijadikan referensi bagi para guru,” paparnya. 
 
Ditambahkannya,semangat para guru untuk berkunjung dan membaca di pustaka daerah juga mendorong dan menularkan hal positif bagi anak didik. ” Jangan hanya didik saja. Bagi sekolah – sekolh yang ingin didatangkan pustaka daerah agar mengirimkan surat agar kita datang kesekolah karena memang seperti itu SOPnya.Kita juga terus keliling dalam upaya mencerdaskan anak bangsa melalui membaca,” ucapnya. 
 
Lebih lanjut dikatakannyan kedepan tahun 2018 Kita punya rencana pembangunan pustaka daerah modern akreditasi A yang akan melayani pembaca secara manua.Pengunjung bisa datang membaca atau meminjam buku. Juga disediakan buku digital yang disediakan pengelola pustaka. Pembaca bisa memilih buku secara online melalui gadget atau telepon pintar lainnya. ‎
” Pemkab Pelalawan akan mendirikan perpustakaan daerah modern 3 lantai yang bakal menelan biaya hingga Rp. 9 Miliar berlokasi dibekas gedung gerai makan dijalan lintas Timur.semoga ini terwujud kedepannya,” ucap MD.Rizal. (ZoelGomes) ‎
 

  • Bagikan