250 Rumah di Teluk Latak Bengkalis Terendam Banjir

  • Bagikan

RIAUDETIL.COM, BENGKALIS – Banjir terdalam yang melanda dusun Simpang Baru desa Teluk Latak Kecamatan Bengkalis selama dua hari sejak Minggu (13/11) lalu adalah di bagian Selatan dan Timur desa tersebut.

ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Teluk Latak Kaharuddin seperti dilansir Koranriau.net, Senin (14/11) sore mengatakan. “Tinggi air ini tergantung lokasinya, wilayah selatan dan timur tingginya hampir 1 meter, sedangkan di Utara sekitar 50 sampai 70 sentimeter terutama di dusun Simpang Baru desa Teluk Latak ini,” kata Kaharuddin.

Sedikitnya, 400 KK dari 250 rumah digenangi banjir ini. Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diingini, Kaharuddin mengaku bersama beberapa orang anggota Linmas desa yang diarahkan Bintara Pembinaan Desa (Babinsa) Koramil 01 Bengkalis telah melakukan tindakan cepat kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Hingga sore menjelang malam, awan hitam yang memungkinkan terjadinya hujan masih terlihat di langit desa tersebut. “Kami menghimbau kepada masyarakat seandainya malam ini hujan turun kembali agar selalu waspada akan naiknya debet air dan banjir semakin dalam. Kami telah menyiapkan dua lokasi yang sangat mendukung untuk pengungsian kalau banjir bertambah dalam. Lokasi tersebut di los pasar Teluk Latak dan SDN 20 sana,” tambahnya pula.

Kaharuddin yang didampingi Babinsa Subarianto dan beberapa orang anggota Linmas serta Kadus Langgam Muara Zulfikar menghimbau juga kepada warganya seandainya diungsikan untuk memberikan kerjasama, “Jangan sampai saat akan diungsikan nanti oleh pihak Babinsa, bapak ibu enggan mengikuti arahan dari mereka, ” pintanya.

Melalui media ini, Kaharuddin berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk dapat membantu sembilan bahan pokok bagi warganya dan menambah perahu karet lagi sebagai antisipasi kemungkinan terjadinya banjir yang semakin dalam. Satu perahu yang ada saat ini yang dibawa oleh BPPD-Damkar di percayakan kepada Linmas kita dan siaga di simpang empat,” terangnya.

Masih kata Kaharuddin, kepada pihak koperasi PT. Meskom Agro Sarimas (PT. MAS) pula diharapkan perhatiannya kepada masyarakat dusun Simpang Baru yang langganan banjir selama sepuluh tahun terakhir.

Kaharuddin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis melalui BPPD-Damkar, Dinas dan UPTD Pendidikan, pihak kepolisian, dan Koramil 01 Bengkalis serta pihak lainnya yang telah ikut berpartisipasi dalam musibah di desanya.(KRN/RDC)

  • Bagikan