Tiga Balon Bupati dan Wabup Dipastikan Bersaing Tuk Menangkan Di Pilkada Rohul 2020

  • Bagikan

 

RIAUDETIL.COM,ROHUL  – Dipastikan 3 bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), akan bersaing pada Pilkada tahun 2020 ini.

Dari balon yang sudah membentuk tim Pemenangan, yakni balon Bupati dan wakil Bupati (Petahana) H.Sukiman- H.Indra Gunawan yang diusung 5 partai koalisi,  Partai Gerindra 8 Kursi, PDIP 6 Kursi, Partai Demokrat 4 Kursi, PKS 4 Kursi dan PKS 4 Kursi dan Partai Hanura 1 Kursi dengan Jargon BerSkawan (Bersama Sukiman- Indra Gunawan).

Dari informasi Ketua KPU Rohul, Elfendry, Kamis (4/9/2020)  mengatakan, masa pendaftaran peserta Pilkada Serentak Rohul 2020 akan dibuka pada  Jumat (4/9/2020) hingga tiga hari kedepan.

Elfendry menyebut, pasangan calon Sukiman dan Indra Gunawan dijadwalkan akan mendaftar pada hari pertama pembukaan pendaftaran tersebut.

“Sejauh ini yang sudah menyurati kita untuk mendaftar baru pasangan Sukiman dan Indra Gunawan. Mereka akan mendaftarkan diri Jumat (5/9/3020),” kata Elfendry.

Elfendry menambahkan, terkait rencana pendaftaran petahana, KPU Rohul menilai sudah sesuai dengan aturan  KPU. Dirinya menyebutkan, petahana  tidak perlu mengambil cuti untuk melakukan pendaftaran tersebut.

“Untuk petahana berdasarkan peraturan tidak harus mengambil cuti. Tapi, pada saat masa kampanye di 26 September nanti, yang bersangkutan harus mengambil cuti,” sebutnya.

Itu dibenarkan Kadiskominfo Rohul Yusmar. Dijelaskannya, Bupati Rohul H.Sukiman akan mengambil cuti pada 26 September nanti pada saat kampanye.

“Setelah mengambil masa cuti. Teknisnya Pejabat Bupati akan diisi oleh Plt, bukan Pj. Hal ini dikarenakan Bupati Rohul mengambil cuti kampanye, bukan mengundurkan diri,” ucapnya.

Yusmar juga menambahkan, bagaimana teknis mekanisme cuti tersebut diatur pelaksanaannya oleh Asisten I Setdakab Rokan Hulu. Karena untuk teknis lebih mendetail terkait mekanisme cuti itu diawasi oleh Asisten I. Jadi disanalah dibahas lebih jauh mengenai masalah itu.

Sedangkan Balon pasangan lainnya, H.Hamulian dan M.Sahril Topan dengan jargon Hartop (Hamulian – Topan) juga sudah dapat rekom berduet sebagai Bupati- Wakil Bupati Rohul yang diusung dari Partai Golkar 7 kursi dan PPP 2 kursi. Hanya Hartop yang belum membentuk tim pemenangan, sedangkan jadwal pendaftaran keduanya ke KPU Rohul belum diketahui, dan pihak KPU belum mendapat pemberitahuan.

Kemudian Balon pasangan Ir.H.Hafith Syukri – Erizal, sudah membentuk tim koalisi partai dan tim kampanye “Rakyat Bersatu” dengan jargon “Gas Pool”. Keduanya resni diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 6 kursi.”***(Hsb).

  • Bagikan